Please wait...

Dokter Spesialis Anak RS PELNI

September 16, 2018 by administrator0
WhatsApp-Image-2018-12-26-at-09.54.55.jpeg

Selamat malam sahabat RS PELNI, Yuk simak penjelasan tentang pembengkakan Kelenjar Getah Bening pada anak bersama dr.Fathy Zuandi SpA, yg merupakan salah satu dokter spesialis anak
Jadwal praktek
Senin (15.00-17.00)
Kamis(16.00-19.00 )
Sabtu (08.00 -12.30)

Menurut beliau, Kelenjar getah bening (KBG) adalah organ yg merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh (sistem imun) utk melawan infeksi dan penyakit lainnya. KGB terdiri dari sel2 limfosit sbg penghalau infeksi. KGB ada hampir di seluruh tubuh termasuk organ dalam (dada maupun perut), akan tetapi dokter hanya dapat menilai KGB secara pemeriksaan fisis pd KBG yg berlokasi di permukaan tubuh spt leher dan dada atas, belakang telinga, bawah rahang, ketiak dan selangkangan.
Apabila KGB membesar atau membengkak biasanya berarti sel2 limfosit sedang bertambah jumlahnya utk melawan infeksi dan penyakit lainnya. Lantas infeksi apa saja yg bisa menyebabkan pembesaran KGB? Infeksi virus, bakteri, maupun jamur dpt menyebabkan pembesaran KGB. Umumnya sumber infeksi berdekatan dgn lokasi pembesaran KGB, spt peradangan dan infeksi gigi dan gusi dpt menyebabkan pembesaran KGB bawah rahang, infeksi tenggorokan dpt menyebabkan pembesaran KGB leher, dan infeksi kulit kepala dpt menyebabkan pembesaran KBG belakang telinga. Selain infeksi, pembesaran KGB juga dpt disebabkan oleh tumor.
Apakah pembesaran KGB selalu mengkhawatirkan? Tidak selalu demikian. Oleh krn anak2 sering terserang infeksi virus yg umumnya sembuh sendiri, maka pembesaran KGB yg menyertai infeksi virus ini tdklah mengkhawatirkan.Akan tetapi, jangan meremehkan pembengkakan Kelenjar Getah Bening karena kita harus tahu kapan kita perlu membawa anak kita untuk memeriksakan kondisinya ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.
Lalu, kapan hrs membawa anak ke dokter spesialis anak ?
– KBG membesar dan nyeri >5 hari
– Disertai demam >38,3 C
– KGB membesar di banyak lokasi
– Disertai lemah, lesu, dan kehilangan nafsu makan
– KGB yg cepat membesar dlm wkt singkat dan disertai warna kulit sekitarnya kemerahan (atau ungu)

Informasi dan pendaftaran
021-5305901 ext 1427 (poli anak)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by RS PELNI 2017. All rights reserved.