Please wait...

Manfaat Dan Tips Untuk Penderita Penyakit Jantung Yang Ingin Berpuasa

May 25, 2018 by administrator0
WhatsApp-Image-2018-05-25-at-12.05.50-1.jpeg

Selamat menjalankan puasa bagi yang menjalankan. Dapat menjalankan puasa dalam bulan Ramadhan adalah suatu kesempatan yang luar biasa, karena tidak sedikit diluar sana ada sahabat kita tidak dapat berpuasa karena kondisi kesehatan mereka tidak mendukung. Lalu bagaimana dengan pasien penderita jantung?
Untuk mereka yang memiliki riwayat sakit jantung berikut ada sedikit tips dari dokter spesialis jantung Rumah Sakit PELNI mari simak dan baca 👇🏻
“Manfaat dan Tips untuk penderita penyakit jantung yg ingin berpuasa”

Menjalankan puasa tidak menyebabkan dampak yg buruk untuk penderita penyakit jantung, apabila dilakukan dengan benar sesuai anjuran dokter.

Menurut dr.Damba SpJp, dengan berpuasa pasien akan mengurangi makan dan minum sehingga otomatis dapat mengurangi intake kolestrol dan resiko – resiko penyakit jantung koroner, hipertensi dan gagal jantung.
Faktor resiko penyakit jantung ada banyak, antara lain : darah tinggi, obesitas, pengaruh kolestrol. Akan tetapi resiko ini bisa dikurangi dengan menjalankan puasa yang benar, karena dengan berpuasa akan mengurangi asupan makan berkolestrol, asupan garam berlebih dan berkurangnya obesitas pada penderita penyakit jantung yg mengalami berat badan berlebih. Sedangkan untuk penyakit gagal jantung dapat mengurangi kerja jantung yg berat dengan berkurangnya asupan minum yg berlebih.

Tips yang dapat dilakukan oleh penderita penyakit jantung, yaitu :
1. Minum obat secara teratur , di saat sahur dan berbuka puasa

2. Berkonsultasi dengan dokter jantung tentang asupan makanan dan minuman yg disesuaikan

3.apabila mulai merasakan lemas maka jangan ragu untuk berbuka puasa karena kemungkinan kurangnya cairan pada tubuh sehingga diharuskan untuk segera minum.

4.bila ingin melakukan olahraga, bisa melakukan olahraga ringan, seperti jalan kaki selama 30 menit.

Jadwal klinik eksekutif heritage – RS PELNI
dr.Damba,SpJP

Senin, Rabu & Kamis ( 11.00 – 15.00)
Selasa – Jumat
(13.00 – 14.00 )
Sabtu (11.00 – 13.00 )

Untuk informasi dan pendaftaran
Cici ( Case Manager ) 08129414414
Selvi
085716600990


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by RS PELNI 2017. All rights reserved.